28 Maret 2010

Perkenalan Jamur

Pengenalan Jamur

Jamur merupakan jenis tumbuhan yang termasuk dalam kelompok tumbuhan tidak sempurna karena tidak berdaun, bertangkai dari berakar. Karena tidak memiliki zat hijau daun maka dalam proses kehidupannya jamur mendapatkan makanan melalui dua cara:

1. Secara saprofitik, yaitu mendapatkan rnakanan dengan cara tumbuh dari makhluk hidup lain yang sudah mati.
2. Secara parasitik, yaitu mendapatkan rnakanan dengan cara tumbuh dari makhluk hidup yang masih hidup.

Secara umum habitat jamur adalah di tempat dengan kelembaban tinggi dari suhu yang sebabnya mengapa ketika musim penghujan jamur tumbuh dengan subur.orang pada jaman dahulu banyak menggunakan jamur sebagai makanan ataupun obat yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pada tahun-tahun belakangan dibuktikan oleh banyak ilmuwan dari barat dan timur, bahwa memang jamur memiliki banyak khasiat.

Berdasarkan dari tingkat kegunaannya, jamur bisa dikategorikan sebagai berikut:

Jamur yang tidak dapat dikonsumsi, yang termasuk golongan ini antara lain:
1. Jamur beracun , jamur ini biasanya memiliki warna mencolok. Akan tetapi ada pula jamur beracun tapi warnanya tidak mencolok. Beberapa jamur yang termasuk dalam jenis ini adalah jamur Amanita, jamur kotoran sapi dan sebagainya. Untuk mendeteksinya dapat dilakukan dengan cara rnemasukkan peralatan yang berbahan perak ke dalam rebusan air jamur tersebut, jika berubah warna maka jamur tersebut kemungkinan beracun. Akan tetapi deteksi in tidak dapat dijadikan sebagai acuan, karena ada beberapa jenis jamur beracun yang tidak mengubah warna logam perak.
Jamur yang tidak beracun, jamur yang tergolong dalam kelompok in meskipun tidak beracun tapi tidak dapat dikonsumsi karena rasanya tidak enak atau tidak memiliki tubuh buah.

2. Jamur yang dapat dikonsumsi, yang termasuk dalam golongan ini antara lain:
Jamur yang tidak dapat dibudidayakan, jamur jenis ini dapat dikonsumsi, akan tetapi budidaya secara komersial belum dapat dilakukan karena berbagai kesulitan teknis.
Jamur yang dapat dibudidayakan, jamur jenis ini dapat dikonsumsi dan dapat dibudidayakan secara massal. Yang termasuk jenis ini antara lain jamur kuping, jamur tiram, jamur shiitake, jamur kancing, jamur merang dari lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar